Sabtu, 21 Februari 2009

K-Video: Sekolah Gratis Untuk Warga Miskin

Mahalnya biaya pendidikan sekarang ini membuat warga miskin kesulitan mendapatkan pendidikan, sehingga hal ini membuat mereka semakin terpinggirkan. Padahal pendidikan merupakan salah satu jalan utama untuk merubah nasib seseorang.

Sekolah Juara, merupakan Program Sekolah Gratis yang diperuntukan bagi keluarga tak mampu yang memiliki anak usia sekolah. Program ini diadakan oleh Yayasan Rumah Zakat Indoensia.

Program sekolah gratis ini sudah berjalan di empat kota besar yaitu Bandung, Pekanbaru, Cimahi dan Jakarta. Sekolah gratis merupakan hasil nyata yang dari sumbangan para donatur yang menyalurkan dananya melalui Rumah Zakat.

Menurut penuturan Pak Toto, Kepala Sekolah Juara, “Sekolah Juara juga memberikan secara gratis pakaian seragam, buku paket, buku tulis kepada siswanya dan Sekolah Juara memiliki fasilitas gedung sekolah, laboratorium komputer (fasilitas internet), perpustakaan dan guru-guru yang berkualitas. Semuanya ini diberikan secara gratis kepada siswa tidak mampu tanpa dipungut biaya sepeserpun." ujar Pak Toto.

Pak Toto mengungkapkan bahwa siswa-siswa yang belajar di SD Juara adalah kebanyakan anak tukang buruh cuci, pedagang asongan, pemulung, tukang bakso dan lain-lain.

Untuk sementara SD Juara baru menyediakan tiga kelas, dari kelas satu hingga kelas tiga sekolah dasar. Rencananya, beberapa tahun kedepan, ruangan kelas SD Juara akan ditambah hingga bisa menampung hingga kelas enam.

Daya tampung siswa di sekolah gratis ini berjumlah 25 orang setiap kelasnya dan di awasi oleh 2 orang guru pendamping.

Bagi masyarakat yang ingin mendonasikan dananya dapat menghubungi Rumah Zakat di 0804-100-1000 atau sms center 0815-7300-1555 atau di www.rumahzakat.org.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar